Setting Mikrotik Auto Mematikan dan Menghidupkan Internet Simple

Assalamualaikum Wr Wb .

kali ini saya akan share tentang Auto Mematikan dan Menghidupkan Internet Simple . langsung saja cek  bawah


Pengertian

Mikrotik Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server.

Latar Belakang

Karena pada suatu jaringan apalagi di area hotspot jelas terbuka selama 24 jam jika tidak ada yang mematikannya . hal ini akan merepotkan admin jaringan yang harus selalu datang ke tempat mikrotik untuk mematikan akses internet secara manual .

Maksud dan Tujuan

untuk mempermudah seorang admin jaringan biasanya membuat rule atau aturan di mikrotik agar pada jam tertentu sampai jam tertentu akan mematikan akses internet dan akan menyalakan lagi secara otomatis
 
Alat dan Bahan

mikrotik rb751
laptop remote
secangkir kopi di temani roti mari :D

Langkah Pengerjaan

1. enable kan SNTP Client untuk mensinkronkan jam pada laptop dengan jam pada mikrotik . pada primary NTP Server dan Secondary NTP Server sesui pada gambar di bawah ini

2.kita cek apakah jam mikrotik sudah sama dengan jam laptop atau belum .
jika sudah sama next

3. selanjutnya kita buat rule baru di firewall seperti ini
  chain = forward
  out interface = adalah interface mana yang akan di putus internetnya
 4. pilih drop pada action
 5. untuk tambahan di tab extra setting waktu dimana rule itu akan hidup dan mati yang artinya jika rule itu hidup maka internet akan mati dan jika rule itu mati maka internet akan hidup , hal ini karena kita membuat rule dengan metode drop .
 6. dibawah ini tampilan jika rule belum aktif maka akan berubah warna menjadi merah kita tunggu waktu untuk drop internetnya maka rule akan berubah warna menjadi hitam yang menandakan rule sedang aktif.


7. untuk mengeceknya kita tinggal tunggu waktu untuk internet mati , dan liat jika rule berganti warna hitam maka settingan berhasil
Kesimpulan

sangat mudah bukan , sebenarnya adametode satu lagi yaitu dengan script dan scheduler tetapi , jika di scheduler rule bisa hidup tetapi tidak bisa mati secara otomatis . ini bertujuan untu memudahkan SysAdmin agar tidak usah mematikan dan menghidupkan internet secara manual.

Referensi :

?


sekian
Wassalamualaikum Wr Wb

Post a Comment

1 Comments

Shikamaru Nara said…
infonya sangat bermanfaat bagi ane
flux